Irvan Delarocha



Manusia Dan Tanggung Jawab

Setelah saya melihat video di http://cai.elearning.gunadarma.ac.id/webbasedmedia/ tetang gandrung yang merupakan tarian dari Banyuwangi, saya dapat menghubungkannya dengan manusia dan tanggung jawab. Karena pada zaman sekarang tarian gandrum hampir hilang di telan zaman yang moderen ini. Sekarang genersai muda kurang menyukai budaya – budaya asli bangsa Indonesia sendiri. Padahal bangsa Indonesia memiliki banyak warisan budaya contohnya seperti gandrung ini.

Tarian Gandrung ini berkisah tentang terpesonanya masyarakan Blambangan kepada Dewi padi, Dewi Sri yang membawa kesejahteraan bagi rakyat.Tarian gandrung ini di bawakan sebagai ucapan syukur masyarakan pasca panen dan dibawakan dengan iringan instrumen tradisional khas Jawa dan Bali. Tarian ini di bawakan oleh sepasang penari, yaitu penari perempuan sebagai penari utama atau penari gandrung, dan laki-laki yang biasa langsung mendatangi para tamu yang menari satu persatu dengan gerakan – gerakan yang menggonda. Setelah selesai si penari akan mendatangi rombongan penonton, dan meminta salah satu penonton untuk memilihkan lagu apa yang akan dibawakan. Terkadangan pertunjukan menghadapi kekacauan yang disebabkan oleh para penontonya yang menunggu girilan atau yang mabok sehingga perkalian tak terelakkan lagi. 

Dapat disimpulkan bahwa dari cerita tersebut tanggung jawab pada dirinya sendiri ialah menjaga kehormatanya sebagai wanita dan penari gandrum itu sendiri karna penari gandrum sangat dipandang rendah oleh masyarakat.Tamu rela  menari Gandrung dan hingga mengorbankan kehidupan rumah tangganya sendiri.Dalam lingkungannya ia harus menjaga kerukunan dan kenyamanan yang terjadi pada saat ia menari.

Categories:

Leave a Reply