Irvan Delarocha


Interaksi Manusia dan Komputer I

 Remot TV

 

Nama :  Ferdian Syah Putra R (23111821)
             Irfan Rifai (23111690)

Laporan ini akan menjelaskan proses interaksi manusia dengan alat remot control televisi. Di zaman modern seperti sekarang ini, globalisasi dan teknologi, serta kebutuhan manusia yang semakin bertambah. Sehingga dibutuhkan suatu teknologi untuk memenuhi kebutuhan menjadi lebih mudah dikerjakan dan cepat terselesaikan. Salah satunya adalah remot televisi yang digunakan mempermudah untuk pengoperasian sebuah televisi. Hasil obeservasi kali ini akan menjelaskan bagaimana user menggunakan remot televisi untuk melakukan beberapa hal seperti seting pada televisi dan pencarian chanel. Pada observasi kali ini akan di asumsikan bahwa seoranag pembeli televisi akan melakukan setting pada televisi dengan menggunakan remot televisi.
Dalam observasi kali ini user akan menggunakan jenis televsi Fujitec dan menggunakan remot control tipe : Orchid. Dalam penggunaan remot kali ini akan mudah dikarenakan remot televisi memiliki design yang sederhana .remot control ini memiliki penempatan dan label tombol dengan ukuran serta model yang mudah digunakan pengguna. Sehingga untuk melakukan pengoperasian akan mudah digunakan
Tujuan dari observasi kali ini untuk mengetahui tingkat kesulitan user dalam menggunakan remot control. Serta mengetahui bagaimana proses pengoperasian alat remot control dengan benar. Sehingga diharapkan kita dapat mengetahui interaksi antara pengguna dengan teknologi remot control yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
 METODE OBSERVASI
Pada observasi interaksi manusia dengan remot tv yang telah dilakukan oleh Tomy, berumur 15 tahun seorang pelajar.
Metode yang kami gunakan sebagai berikut :
1.       Langkah-langkah untuk mencari saluran televisi yang tersedia dan menyimpannya
2.       Mengamati interface dan interaksi yang dilakukan saat observasi.
3.       Menganalisa device, interface dan tombol
HASIL OBSERVASI
Langkah-langkah untuk mencari saluran televisi yang tersedia dan menyimpannya
1.       Nyalakan TV dengan menekhan tombol Switch (On/off) pada remote tvnya.
2.       Tekan tombol “Menu”, lalu pilih Present
3.       Setelah itu pilih, “Cari Prog otomatis” / “Cari prog manual”. Pada hal ini Tomy memilih pencarian otomatis. Sehingga, Hasil pencarian menjadi mudah dan maksimal.
4.       Tunggu proses pencarian sampai selesai. Jika sudah selesai, klik ” OK ” pada Remote TV untuk menyimpan hasil pencarian.
5.       Lalu tekan tombol ” Exit ” untuk menutup layar/interface dari setting tersebut.
Hasil Analisa Perangkat Keras dan Perangkat Lunak
1.       Device : Perangkat Remote TV yang digunakan di desain universal, diperuntukan dan dapat digunakan oleh semua manusia tanpa memandang batas usia (Tidak ada batasan usia).
2.       Interface : Interface pada TV tersebut sangat simpel dan dapat dipahami dan digunakan, walau dalam pengaturannya dapat mempersulit user dalam memahami interface yang simpel.
3.       Tombol : Desain Tombol pada Remote TV tersebut didesain sangat umum, sehingga user dan memahami arti-arti setiap tombolnya dengan mudah. Namun, ukuran tombol sangat minim. sehingga tidak cocok digunakan untuk user yang memiliki ukuran diatas rata-rata.
ANALISA dan KESIMPULAN
Dari hasil observasi terhadap pemakaian Remote TV terhadap usernya terdapat beberapa Problem diantaranya:
Ø  Pada desain Remote yang didesain oleh pihak produsen dibuat ukuran yang sangat kecil. sehingga tidak memungkinkan digunakan oleh orang (user) yang memiliki ukuran jari yang lebih besar. Kesalahan ini terjadi karena Produsen tidak mempertimbangkan Ukuran jari para usernya. Mungkin akan lebih baik jika tombol di besarkan sedikit (jangan terlalu besar) karena jika terlalu besar otomatis lebar remote akan bertambah adan menyulitkan bagi pengguna yang bertangan kecil.
Ø  Problem juga terjadi pada desain interface pengaturan pada layar tv yang didesain sangat simpel oleh pihak Produsen. Sehingga user yang tidak memiliki Tingkat kecerdasan yang tinggi tidak dapat memahami arti dari interface yang sedang ditampilkan.
Ø  Penggunaan remot televisi dipengaruhi oleh banyaknya user mencoba beberapa fungsi-fungsi tombol remote tv bukan hanya chanel dan volume saja. Namun remote tv bisa sangat rewel, dikarena pancaran inframerah yang lemah, mungkin bisa diatasi dengan mengganti baterai yang baru.

Categories:

One Response so far.

Leave a Reply